Sabtu, 09 Juni 2012

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 47 JAKARTA OKTOBER 2011- MEI 2012


Perubahan paradigma pendidikan yang terjadi saat ini mengarah pada terciptanya proses transfering knowledge yang tidak hanya berasal dari para guru saja, tetapi siswa harus diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat mengakses berbagai sumber pengetahuan baik yang berada di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Dengan memberi kesempatan tersebut, berarti sekolah telah menjembatani siswa untuk menanamkan konsep belajar seumur hidup (long live education). Hal ini akan sangat membantu mereka untuk menguasai pengetahuan dengan baik, bahkan mengarahkan mereka pada suatu kemampuan (skill) tertentu sesuai minat dan bakat masing-masing.
Perubahan iklim sekolah seperti yang dicita-citakan tersebut hanya akan terwujud apabila sekolah memberikan dukungan penuh terhadap program penyediaan dan pengembangan berbagai sumber-sumber belajar yang sangat dibutuhkan baik oleh para siswa maupun para guru, yakni melalui perpustakaan sekolah. Salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan oleh setiap sekolah adalah tersedianya perpustakaan yang representatif yang dilengkapi dengan berbagai sumber belajar dengan jumlah dan variasi yang memadai, sesuai dengan kebutuhan guru dan para siswa.
Jika suatu sekolah berharap untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran dengan perubahan sistem pengajaran dan pembelajaran yang saat ini berlaku, perpustakaan sekolah sesungguhnya mampu menjadi model yang dapat membimbing perubahan yang efektif. Melalui program-program yang dijalankannya secara rutin, perpustakaan sekolah akan mampu menjadi penggerak dalam membantu menjadikan proses belajar sebagai suatu hal yang menyenangkan bagi setiap siswa sehingga timbul keinginan mereka untuk terus bereksplorasi dan menggali ilmu pengetahuan. Hal tersebut akan menjadi pengalaman belajar yang berarti dan pada gilirannya  akan dapat meningkatkan prestasi akademik para siswa.
Kesadaran akan pentingnya perpustakaan pada setiap sekolah dan ketrampilan penggunaan perpustakaan bagi setiap pemakai perpustakaan harus terintegrasi dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, semua program perpustakaan sekolah harus dipusatkan pada proses belajar-mengajar. Untuk itu dibutuhkan keberadaan perpustakaan sekolah yang baik, yang dilengkapi dengan berbagai macam sumber belajar baik tercetak maupun non cetak, dan dikelola oleh seorang petugas (pustakawan) yang terlatih.
Menurut guideline perpustakaan sekolah yang ditetapkan oleh International Federation of Library Associations (IFLA), ada beberapa  komponen yang penting dalam mewujudkan perpustakaan sekolah yang efektif, seperti: tersedianya sumber-sumber (bahan bacaan cetak maupun digital), terselenggaranya organisasi perpustakaan dengan baik, tersedianya tenaga perpustakaan yang terampil, terlaksananya penggunaan perpustakaan, terlaksananya promosi perpustakaan, tersedianya tempat yang cukup memadai untuk menempatkan segala macam format koleksi perpustakaan seperti buku, surat kabar, majalah, bahan audio visual, dan lain lain.
SMA Negeri 47 Jakarta sebagai salah satu sekolah unggulan propinsi  DKI Jakarta saat ini telah memiliki sebuah perpustakaan. Pada awalnya  kondisi perpustakaan SMA Negeri 47 Jakarta seperti gudang penyimpanan buku-buku paket dan lay out ruangan tidak menarik minat siswa untuk datang ke perpustakaan. Sebagai langkah awal maka pembenahan pertama dilakukan dengan merubah tata ruang (lay out) dan menambah perlengkapan dan perabot perpustakaan. Untuk memudahkan pelayanan maka dibuatkan perjanjian dengan Perpustakaan Universitas Indonesia dan Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia dalam pengadaan software sistem otomasi dan digitalisasi perpustakaan berbasis web yang diberinama LONTAR.
Pembenahan tahap ini menghasilkan perubahan yang signifikan. Perpustakaan menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Masyarakat sekolah, baik siswa maupun guru sangat antusias untuk berkunjung ke perpustakaan. Pembenahan demi pembenahan terus  dilanjutkan ke tahap yang lebih berkualitas. Penambahan kualitas isi bahan bacaan baik cetak, elektronik maupun audio/ video dilakukanl. Penggunaan LONTAR yang tadinya hanya bisa dipublikasikan di lingkungan sekolah saja, kini dapat diakses melalu, ID Doman: www.perpustakaan47.sch.id
Dengan adanya web perpustakaan SMAN 47 Jakarta, pengelola perpustakaan SMA Negeri 47 Jakarta memberi ruang bagi kami siswa dan guru untuk mengapresikan gagasannya berupa artikel, cerpen dan   apresiasi gambar. Melalui web perpustakaan, siswa dan guru dan pengungjung web bisa melihat katalog on line (OPAC) koleksi perpustakaan SMAN 47 Jakarta. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengunduh (download) koleksi digital yang dimiliki perpustakaan SMAN 47 Jakarta dengan terlebih dahulu login anggota. Untuk melihat perkembangan perpustakaan SMAN 47 Jakarta saat ini, bisa dilihat dalam dokumentasi foto-foto yang ada di bawah ini.

Ruang kerja dan ruang sirkulasi. Apabila ada siswa yang berkunjung, petugas pelayanan menscan kartu anggota dengan barcode scanner. Begitu juga dengan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Dengan adanya software LONTAR, semua sistem informasi manajemen perpustakaan berbasis otomasi dan digitalisasi
 Ruangbaca lesehan digabung dengan ruang menonton film. Di ruang ini siswa dapat 
 membaca dengan   santai dan disaat istirahat bisa menikmati koleksi film pembelajaran.

          Rak buku dua muka, awalnya rak buku ini satu muka (standar rak buku perpustakaan sekolah),   kami merenovasinya menjadi dua muka agar lebih efisian dan efektif

 tampak miring (rak koleksi buku)
                                                                               tampak depan (rak koleksi buku)


















Meja baca panjang (untuk diskusi kelompok)










                                                                      Meja baca panjang (untuk belajar dengan guru,dll)

 










Ruang multimedia (ada tv dan dvd player)












                                                                        Meja baca oshin (lesehan)











meja baca bersekat (standar meja baca perpustakaan sekolah)




 







                                                                                                                                         Komputer 6 buah untuk sarana akses internet












Komputer server IBM M 3 3600 / 2 terra

         Dan banyak lagi fasilitas lain yang tidak sempat di publikasikan karena terbatasnya ruang blog ini, singkatannya, selama 3 tahun ini perpustakaan SMA Negeri 47 Jakarta mengalami perkembangan peaisat. Sehingga, sekarang ini perpustakaan SMA Negeri 47 dapat di akses melalui internet dengan ID doman www.perpustakaan47.sch.id.
            Sekarang ini kami sedang meningkatkan konten (kualitas isi bahan koleksi) dan idealnya adalah sebuah bahan ajar yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar sedianya ada di perpustakaan. Dan koleksi kumpulan soal, baik soal UN, UTS, UAS, Ulangan Harian akan kami buat kan sorftcopynya untuk dapat di download untuk belajar siswa. Dan kami juga sedang memperbanyak koleksi buku elektronik, film pembelajaran untuk dapat dimanfaatkan. Semata-mata kami lakukan untuk menciptakan layanan prima...

1 komentar: